Siapa Lebih Valid: Prediksi Dukun Bayi atau Dokter Kandungan?

January 7, 2013

Prediksi siapakah yang paling valid, dokter kandungan atau dukun bayi? Demikianlah diskusi kecil antara saya dan istri setelah mendapatkan prediksi berbeda antara dokter kandungan dan dukun bayi. Membicarakan siapa yang lebih valid dalam memprediksi apakah Pak Dokter ataukah Bu Dukun Bayi tentu sangat menarik, karena mewakili dua kuasa yang berbeda, yaitu kuasa teknologi dan kuasa budaya. Sang dokter tentu memprediksi calon jenis kelamin anak saya berdasarkan informasi dari alat-alat kedokteran yang digunakannya, sedangkan Bu Dukun Bayi memprediksi berdasarkan pengalamannya menangani bayi. Siapa yang paling valid, tentu hanya dapat dilakukan kelak setelah si jabang bayi lahir.  

putri pertamaku Alisha Haura Afiqoh

putri pertamaku Alisha Haura Afiqoh

Bagaimana bisa muncul perbedaan tersebut, berikut saya akan menceritakannya. Beberapa waktu lalu, saya memeriksakan kandungan di sebuah Rumah Bersalin yang sangat kondang bagi ibu-ibu hamil di Yogyakarta. Setelah menunggu agak lama, nama istri saya dipanggil oleh salah seorang suster. Kami (Istri, saya, dan anak kami Alisha) kemudian masuk ke ruang dokter. Setelah kami duduk, Pak dokter menanyakan beberapa pertanyaan standar tentang kehamilan Istri saya. Oya, menurut perhitungan, kehamilan istri saya memasuki bulan ke tujuh.

Setelah beberapa saat bertanya, pak Dokter mempersilahkan istri saya berbaring untuk di USG. Sang dokter menginformasikan beberapa hal terkait jabang bayi yang dikandung istri saya, seperti berat badan dan posisi si bayi. “Bayinya sehat,” kata pak dokter.

Alisha in action: Setiap kali ditanya jika besar nanti mau jadi apa? Alisha selalu menjawab mau menjadi dokter. Semoga bersamaan dengan kehendak Gusti Allah.

Alisha in action: Setiap kali ditanya jika besar nanti mau jadi apa? Alisha selalu menjawab mau menjadi dokter. Semoga bersamaan dengan kehendak Gusti Allah.

Pak Dokter terus menggerak-gerakkan ujung USGnya, dan mengatakan, “anak Anda cenderung berjenis kelamin perempuan. Ini kelaminnya,” katanya sambil menunjukkan gambar di layar monitor USG.

Alhamdulillah, jawab kami. “Yang penting sehat, tidak penting, apapun jenis kelaminnya.” kata saya merespon prediksi pak Dokter. Setelah menerima resep tambahan vitamin untuk istri, kami beranjak keluar dan pergi keloket pembayaran dan tempat penukaran resep, lalu pulang.

Beberapa hari berikutnya, pada saat kami liburan ke madiun, ibu mertua saya ngasih saran agar sebelum kembali ke Jogja istri saya pijet terlebih dahulu. “Mbok pijet ke Mbah Puteh, biar posisi bayimu dibenerin”, kata ibu mertua.

Ahad pagi (6 Januari 2013), sekitar pukul 08.00 saya mengantarkan istri ke rumah mbah puteh. Oya, mbah puteh ini juga yang selalu mijetin anak pertama saya, Alisha Haura Afiqoh. Sejak umur dua hari sampai saat ini, mbah puteh inilah yang dengan telaten mijetin anak saya. Setiap mudik ke madiun, pasti Alisha menyempatkan diri untuk pijet ke mbah puteh. Mbah puteh sudah sangat tua, tangannya sudah keriput. Walau demikian, matanya masih tetap awas dan pendengarannya masih sangat bagus.

Setelah memijat Alisha, mbah puteh kemudian memijat istri saya. Mbah puteh meminta istri saya tidur terlentang, dan mulailah dia meraba-raba perut istri saya. Tak beberapa lama kemudian, dia bilang, “Anakmu lanang (laki-laki). Iki poisisi neng kiwo (Ini posisinya disebelah kiri).” Katanya mengejutkanku. Di dorong rasa penasaran karena sebelumnya diprediksi perempuan oleh dokter, saya mecoba bertanya untuk memastikan. “le’ posisine neng tengen, anake wedok, le neng kiwo anake lanang,” kata mbah puteh menegaskan.

Setelah selesai, kami pamit pulang. Saya dan istri cuma bisa berdoa, apapun jenis kelaminnya, semoga jabang bayi kami lahir selamat, dan menjadi anak yang soleh atau solehah, membawa kebaikan untuk umat manusia dan sekalian mahluk. Mari kita tunggu bersama, prediksi siapakah yang lebih valid (bukan benar lho…), kuasa teknologi atau kuasa pengetahuan budaya…

6 Responses to “Siapa Lebih Valid: Prediksi Dukun Bayi atau Dokter Kandungan?”

  1. Rz_Q said

    semoga diberi kesehatan untuk ibu dan jabang bayinya…:-)

    • P.IRSAK said

      Pengakuan tulus dari saya seorang TKI yg bekerja di malaysia. Saya mau mengucapkan terima ksih yang tidak terhingga,serta penghargaan dan rasa kagum yg setinggi-tingginya kepada MBAH RIJI ,saya sudah kerja sebagai TKI selama 3 tahun di malaysia,dengan gaji lebih kurang 1.7jt/bln,tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari,apalagi setiap bulan saya harus mengirimkan ke orang tua di kampung, sudah lama saya mengetahui roomnya om ini, juga sudah lama mendengar nama besar MBAH RIJI ,tapi saya termasuk orang yg tidak terlalu percaya dengan hal ghoib, jadi saya pikir ini pasti kerjaan orang iseng yg mau menipu. tetapi kemarin waktu pengeluaran 5214 , saya benar-benar tidak percaya dan hampir pinsang,angka yang diberi MBAH RIJI tembus,4D ternyata tembus, awalnya saya coba-coba menelpon, saya bilang saya terlantar di malaysia, tidak ada ongkos pulang,terus beliau bantu kasih angka 4D. mulanya saya tidak percaya,mana mungkin angka ini keluar, tapi dengan penuh harapan saya pasangin kali 100 lembar, sisa gaji bulan Novembe, ternyata meledak….!!! dapat BLT 250jt, sekali lagi terima kasih banyak MBAH RIJI , saya sudah kapok kerja jadi TKI, rencana minggu depan mau pulang aja ke kampung.buat mbah,saya tidak akan lupa bantuan dan budi baik mbah. yang ingin merubah nasib seperti saya silahkan hub MBAH RIJI di nomor. 082 388 362 128 {.Demikian kisah nyata

  2. wiehab moeslem said

    heehhee jadi penasaran prediksi mana yang bener… apapun jenis kelaminnya,, yang penting bayi.dan ibu.a sehat…. Aminnnnn

  3. elthasayang said

    Apa pun yang diberikan TUhan, pasti yang terbaik

Leave a Reply

